“SAFARI JAM'IYYAH (SAM'IYYAH) PD. PERSIS JAKARTA PUSAT, JELANG RAMADHAN 1444 H / 2023 M

(Kegiatan Sam'iyyah di Masjid dan Musholla Wakaf serta Binaan PD PERSIS Jakarta Pusat)

Pimpinan Daerah (PD) Persis Jakarta Pusat melaksanakan “Safari Jam’iyyah” atau yg kami sebut dengan "Sam'iyyah". Sebuah sebutan dr akar kata " Sama'a" yang berarti "Mendengar" karna memang kegiatan ini ditujukan untuk bisa mendengar langsung berbagai hal yg disampaikan oleh pihak yg kami kunjungi.

Untuk Sesi awal ini, kami mengunjungi Masjid-masjid dan Musholla wakaf serta binaan PD PERSIS Jakarta Pusat mulai dari hari Sabtu, 18 Maret 2023 sampai Selasa, 21 Maret 2023.

"Sam'iyyah" ini, merupakan program jihad dari Ketua PD PERSIS Jakarta Pusat yg diselaraskan dengan Bidang Garapan Dakwah PD PERSIS Jakarta Pusat & Bidang Garapan Sumber Daya Insani  dan Organisasi (SDIO). Safari Jam’iyyah (Sam'iyyah) ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu Sam'iyyah Tasykil (Pengurus) PD PERSIS Jakarta Pusat kepada Badan-badan Otonom se-Jakarta Pusat, Sam'iyyah kepada para Pimpinan Cabang (Tingkat Kecamatan) se-Jakarta Pusat dan Sam'iyyah kepada anggota, simpatisan, DKM dan jama’ah Masjid/Musholla wakaf serta binaan PD PERSIS se-Jakarta Pusat.

Program Jihad Safari Jam’iyyah (Sam'iyyah) ini telah ditetapkan menjadi program Kerja pada Musyawarah Kerja Daerah (MusKerDa) I PD PERSIS Jakarta Pusat yang dilaksanakan pada hari Ahad, 5 Februari 2023 di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Jakarta Pusat. Dari 11 masjid/musholla wakaf dan binaan, sudah 5 masjid/musholla yang sudah kami kunjungi.

Pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 pertama kali kami melakukan Sam'iyyah ke Masjid Al-Huda Jl.D, Karang Anyar, Sawah Besar dan Masjid Daarussalam Karang Anyar. Lalu dilanjutkan pada hari Ahad, 19 Maret 2023 kami berkunjung ke Masjid Asy-Syifa Kebon Jeruk. Pada hari Senin, 20 Maret 2023 kami berkunjung ke Masjid An-Nur Petojo Binatu, Gambir. Dan yang terakhir kami berkunjung ke Musholla Al-Ijtihadiyah Kawi-kawi, Johar Baru pada hari Selasa, 21 Maret 2023.

Dari seluruh Sam'iyyah yang telah kami lakukan, Alhamdulillah kami dapat mendengar langsung kondisi real dari seluruh pengurus masjid/musholla wakaf dan binaan PD PERSIS Jakarta Pusat yang mengutarakan berbagai hal, seperti jumlah jamaah yang sedikit, status wakaf Masjid/Musholla tersebut, kegiatan sosial dan ekonomi di sekitar Masjid/Musholla nya, Permohonan Pembinaan tekhnik pengurusan jenazah, permohonan pembinaan anak-anak dan remaja/pemuda, masalah keuangan Masjid/Musholla, Permohonan pelatihan/pengadaan badal khotib Jum’at tentang penghimpunan dan Pengelolaan zakat, dll.

Semua yang diutarakan tersebut, kami dengar untuk selanjutnya akan kami coba carikan solusinya, karena bagi Jam'iyyah PERSIS (khususnya di Jakarta Pusat) masjid/Musholla adalah ujung tombak dakwah Jam’iyyah untuk menyebarkan al-Qur’an Sunnah. Jika masjid dan mushollanya "SEHAT", maka jamaah yang datang pun akan nyaman dan siap menerima ilmu dan pembinaan dari para Ustadz/Ustadzahnya.

Terhadap hal ini, akhirnya Kami memohon doa dan dukungannya dari para Ikhwatu Iman, agar kami bisa Istiqomah dan memberikan solusi terhadap apa yg dialami oleh para DKM di lingkungan PD. PERSIS Jakarta Pusat lewat Program Jihad yang telah kami tetapkan pada Musyawarah Kerja Daerah (MusKerDa) I kemarin.

Bismillaah..., Innallaaha Ma'anaa....
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts