PW PERSIS DKI JAKARTA GELAR MANASIK HAJI PERTAMA, DENGAN MENGUNDANG KABID PHU KANWIL KEMENAG DKI JAKARTA

(Penyerahan cinderamata dari Ketua PW PERSIS DKI Jakarta ke Kabid PHU KANWIL KEMENAG DKI Jakarta)

(Ahad,19/3/2023) Pimpinan Wilayah PERSIS DKI Jakarta mengadakan pertemuan sekaligus Manasik Haji pertama kepada para Calon Jama’ah Haji KBIH Johar yang akan berangkat Haji pada tahun ini di Kantor PW PERSIS DKI Jakarta.

Turut hadir juga Bidang Garapan Haji dan Umroh PW PERSISTRI DKI Jakarta, Bidang Garapan Haji dan Umroh PD PERSIS se-DKI Jakarta dan Bidang Garapan Haji dan Umroh PC PERSIS se-DKI Jakarta.

Acara ini diawali dengan sambutan oleh Ketua PW PERSIS DKI Jakarta yaitu KH. Soewardi Sulaiman yang berpesan tentang luruskan niat Haji karena Allah SWT.

Lalu sambutan dari Ketua Bidang Garapan Haji dan Umroh PW PERSIS DKI Jakarta yaitu Ustadz H. Arfie Novrian, S.S, yang memberikan gambaran masalah ketersediaan kuota Haji pada tahun 2023 dan rencana keberangkatan Jama’ah Haji Johar yang mana masih menunggu persetujuan Bapak Presiden Republik Indonesia.

Berikutnya sambutan dari Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementrian Agama DKI Jakarta yaitu Bapak H. Saiful Amri, beliau menjelaskan beberapa masalah dalam keberangkatan Haji pada tahun 2023 khususnya untuk Calon Jama’ah Haji DKI Jakarta. Beliau menjelaskan bahwa untuk kuota DKI Jakarta masih menunggu persetujuan Presiden Republik Indonesia.

Kemudian ada perkenalan dan sejarah berdirinya PERSIS dan KBIH Johar yang disampaikan oleh Ustadz H. M. Latief Nurdin, S.E. Awal mula berdinya KBIH PERSIS karena adanya keinginan dari Guru Besar PERSIS yaitu Tuan Ahmad Hassan untuk umat Islam di Indonesia melaksanakan Ibadah Haji yang murni sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah serta bersih dari Takhayyul, Bid’ah dan Khurafat. Kemudian KBIH Johar berdiri pada tahun 1966 yang dicetuskan oleh KH. Eman Sar’an yang mana pada tahun pertama penyelenggaraan haji di KBIH Johar dapat memberangkatkan lebih dari 300 jama’ah menggunakan kapal laut. Dan sampai sekarang sudah hamper 50 kali KBIH Johar memberangkatkan Jama’ah Haji.

Yang terakhir penyampaian tata cara ibadah Haji sesuai dengan contoh Rasulullah SAW yang disampaikan oleh Ketua Bidang Garapan Haji dan Umroh PW PERSIS DKI Jakarta yaitu Ustadz Arfie Novrian, S.S. Beliau menjelaskan bahwa tata cara ibadah haji PERSIS sedikti berbeda dengan yang di atur oleh Pemerintah Indonesia. Tapi ini semua sudah dikondisikan oleh Bidang Garapan Haji dan Umroh PW PERSIS DKI Jakarta. Pada tahun ini KBIH Johar akan memberangkatkan 43 jama’ah, 41 jama’ah dari Jakarta dan 2 orang dari Serang, Banten.


 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts